Senin, 27 April 2020

WORKSHOP SAGUSABLOG


IIPTEK yang semakin berkembang dan maju secara global sudah menyentuh semua berbagai aspek, tak terbendung pula merembes ke dunia pendidikan yang artinya semua guru harus bisa memanfaatkan teknologi. Sehingga yang pertama dan utama yang harus dibekali adalah guru-guru sebagai garda terdepan bidang pendidikan demi kecerdasan anak bangsa, kualitas pendidikan
Mencetak guru profesional yang melek IPTEK melalui pendidikan bukanlah suatu hal yang mudah dilaksanakan. Apalagi hakikat profesi guru yang dikenal selama ini hanya seputar mengajar dan mendidik tentunya harus berkompeten di bidang masing-masing.
Untuk itulah sangat diperlukan upgrade kemampuan guru. Pemberdayaaan kemampuan guru di setiap bidang masing-masing dengan cara melakukan seminar, workshop dan kegiatan-kegiatan online yang seperti diadakan oleh organisasi IGI (Ikatan Guru Indonesia) yang selalu kontinyu mengadakan pelatihan. 
IGI sangat berkenan di hati jutaan para guru. Tak ada paksaan menjadi anggota IGI. Semua berdasarkan kesadaran. Saya pun demikian. saya bergabung di IGI karena program-program IGI menarik dan membuat guru akhirnya melek ICT seperti halnya SAGUSABLOG

Salah satu yang menarik dan ingin saya ikuti adalah kegiatan pelatihan SAGUSABLOG, Satu Guru Satu Blog. Saya membayangkan bagaimana ya rasanya punya blog dan menulis di blog. Jika memungkinkan blog saya bisa di akses oleh siswa-siswa saya, yang ingin mendalami matari pelajaran yang saya ampu, sekalian bisa nitip tugas berupa soal-soal remidial/pengayaan di blog untuk siswa-siswa saya. Jadi saya bisa membimbing mereka belajar dari rumah pada malam hari, mengingat keterbatasan waktu tatap muka di kelas. Setelah selesai SAGUSABLOG dasar, semakin tertarik untuk lanjut ke SAGUSABLOG lanjutan.
Dengan berdasarkan pada panduan Modul hasil rancangan Mr. Mung. Modul yang bisa didownload oleh peserta pelatihan SAGUSABLOG online ini, Menurut saya merupakan modul sederhana, tidak ribet, sangat praktis dan efektif dalam membimbing saya untuk menyelesaikan tugas-tugas saya sebagai peserta pelatihan online SAGUSABLOG.
Demikian juga dengan para mentor SAGUSABLOG khususnya Kelas SAGUSABLOG lanjutan 39-K.  Bagi saya pribadi, Ibu  Aminun Wulan Banawi dan Bapak Mohtar Tuasamu adalah creator dan mentor hebat. Walaupun saya terlambat masuk kelas di telegram karena sibuk dengan beragai tugas sekolah maupun sebagai ibu rumahtangga, tapi tidak menyurutkan saya untuk menyelesaikan langkah-langkah modul panduan blog lanjutan.
Akhirnya saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan untuk mengikuti pelatihan SAGUSABLOG, Satu Guru Satu Blog. Juga ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya, kepada Mr Mung atas materinya, Ibu Aminun, dan kepada Bapak Mohtar , mentor kelas SAGUSABLOG 39-K.

0 komentar:

Posting Komentar